Abdurrahman
(2003: 28), mengemukakan bahwa belajar merupakan proses dari seorang individu
yang berupaya mencapai tujuan belajar atau biasa disebut hasil belajar. Secara umum belajar dapat diartikan sebagai
proses untuk memiliki pengetahuan atau ilmu pengetahuan. Proses diartikan sebagai perubahan internal dalam diri individu yang
merupakan inti dari kegiatan belajar. Sedangkan perbuatan (performance)
merupakan hasil yang dicoba diukur untuk dilihat atau merupakan hasil belajar
yang sudah dinyatakan dengan ukuran tertentu (Santoso, 1986: 1),
Menurut Surya dan Amin (dalam Filjanah,
2006: 14) kegiatan belajar di sekolah mempunyai tujuan untuk membantu
memperoleh perubahan tingkah laku bagi setiap siswa dalam rangka mencapai
tingkat perkembangan yang optimal. Perubahan yang terjadi dalam diri individu
berlangsung terus-menerus. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan
perubahan lainnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar
berikutnya.
Sedangkan prinsip-prinsip
belajar adalah hal-hal yang sangat penting yang harus ada dalam suatu proses
belajar dan pembelajaran. Jika hal tersebut diabaikan, maka dapat dipastikan
pencapaian hasil belajar tidak optimal. Prinsip-prinsip belajar tersebut
meliputi kesiapan belajar, perhatian,
motivasi, keaktifan siswa, mengalami sendiri, pengulangan, materi pelajaran
yang menantang, balikan dan penguatan, dan perbedaan individual (Darsono, 2000:
30).
No comments:
Post a Comment