Thursday, 12 July 2012

Pengertian Belajar


Abdurrahman (2003: 28), mengemukakan bahwa belajar merupakan proses dari seorang individu yang berupaya mencapai tujuan belajar atau biasa disebut hasil belajar.  Secara umum belajar dapat diartikan sebagai proses untuk memiliki pengetahuan atau ilmu pengetahuan.  Proses diartikan sebagai  perubahan internal dalam diri individu yang merupakan inti dari kegiatan belajar. Sedangkan perbuatan (performance) merupakan hasil yang dicoba diukur untuk dilihat atau merupakan hasil belajar yang sudah dinyatakan dengan ukuran tertentu (Santoso, 1986: 1),
Menurut Surya dan Amin (dalam Filjanah, 2006: 14) kegiatan belajar di sekolah mempunyai tujuan untuk membantu memperoleh perubahan tingkah laku bagi setiap siswa dalam rangka mencapai tingkat perkembangan yang optimal. Perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus-menerus. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan lainnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya.
Sedangkan prinsip-prinsip belajar adalah hal-hal yang sangat penting yang harus ada dalam suatu proses belajar dan pembelajaran. Jika hal tersebut diabaikan, maka dapat dipastikan pencapaian hasil belajar tidak optimal. Prinsip-prinsip belajar tersebut meliputi kesiapan  belajar, perhatian, motivasi, keaktifan siswa, mengalami sendiri, pengulangan, materi pelajaran yang menantang, balikan dan penguatan, dan perbedaan individual (Darsono, 2000: 30).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment